Kamis, 08 Mei 2014

Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia

 Indonesia memiliki keanekaragaman tumbuhan. Tumbuhan tersebut memiliki banyak peranan bagi kehidupan manusia, seperti:

a.     Tanaman Produksi

Berbagai jenis tumbuhan bermanfaat sebagai bahan pangan (misalnya padi, jagung, dan gandum), bahan minyak goreng (misalnya kelapa sawit, kemiri), bahan perumahan (misalnya jati, rasamala, dan albasia), dan bahan susu (kedelai)

b.     Tanaman Obat

Tumbuhan pun dapatdigunakan sebagai bahan obat tertentu, seperti obat batuk (misalnya adas, dan belimbing), obat sariawan (misalnya temu hitam, dan jambu biji), obat darah tinggi (misalnya belimbing, dan bawang putih), dan obat maag (kunyit)

c.      Tanaman Hias

Banyak tumbuhan yang mempunyai warna daun dan bunga yan indah, sehingga dapat digunakan sebagai tanaman hais di rumah, sekolah, atau taman kota. Contohnya mawar, melati, kastuba, kembang sepatu, dan berbagai jenis suplir. Bahkan sekarang berbagai jenis tanaman hutan pun menjadi komoditas , baik di luar negeri sebagai barang mewah dengan nilai yang tinggi, seperti jenis anthuarium, gelombang cinta (wave of love), linet, pillow, dan jamaika kulkas.

d.     Tanaman Pelindung

Tanaman yang memiliki daun rindang dapat digunakan untuk peneduh halaman (misalnya ketapang, ki sabun, dan beringin), akarnya yang kuat untuk menahan erosi jalan atau batas pekarangan (misalnya mahoni, rasamala, dan bamboo).

e.     Tanaman Penghisap Racun

Tanaman yang bergetah umumnya dapat menghisap racun dari lingkungannya, sehingga tanaman ini penting untuk  taman-taman guna mengatasi pencemaran lingkungan. Adanya kegiatan fotosintesis tumbuhan hijau dapat mengurangi kadar gas karbondioksida di udara dan menyegarkan udara karena oksigen. Contohnya, palem kuning, maranta, barancing, rumput lili paris, dan hanjuang.

f.       Tanaman Gulma

Beberapa jenis tanaman liar dapat dipandang sebagai tanaman pengganggu atau gulma, karena dapat mengalahkan atau mengganggu kesuburan tanaman lainnya. Contohnya, eceng gondok, paku picisan, benalu, mih-mihan, dan aneka rumput. Beberapa jenis tumbuhan gulma pun telah diketahui memiliki kegunaan bagi kehidupan manusia, seperti tumbuhan teh-tehan yang ditumbuhi oleh benalu dapat dibuat teh hijau yang memiliki khasiat sebagai obat pengendali kanker, juga tumbuhan mih-mihan (custa australis) memilliki khasiat untuk obat tekanan darah tinggi, dan banyak jenis rerumputan dapat digunakan sebagai obat-obatan tertentu. Bahkan berbagai jenis rumput-rumputan dan eceng gondok dapat dimanfaatkan untuk kerajinan tas, sandal, sepatu, dan aksesoris  lainnya.

sumber: http://wawantris.wordpress.com/2011/12/18/manfaat-tumbuhan-bagi-manusia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar