Kamis, 08 Mei 2014

manfaat tanaman berkhasiat

Manfaat Buah Melinjo Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Melinjo - Siapa sih yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, tentu teman-teman pencinta Kerupuk emping akan sudah sangat akrab dengan buah yang satu ini, maka dari itu kaerna populernya buah yang satu ini, maka kami dari blog Kesehatan ingin mencoba untuk berbagi mengenai Khasiat buah Melinjo ini, yang mudah-mudahan nantinya bisa teman-teman ambil hikmahnya atau di jadikan sebagai obat yang mudah mudahan mujarab.

Manfaat Buah Melinjo
Ilustrasi Buah Melinjo

Tak seperti postingan sebelumnya yang mana kita memposting mengenai buah yang akrab sekali dengan dapur yakni Manfaat Buah Mentimun, nah udah di bacakan postingan ku sebelumnya.? Yuk sekarang kita langsug saja melihat mengenai Manfaat Melnjo di bawah ini.

Manfaat Buah Melinjo Untuk Kesehatan

Berikut Nama daerah Melinjo di Indonesia :
Nama-nama daerah bagi Melinjo tersebut antara lain ki tangkil, mlinjo, sake, tangkil(Sunda); bagu, eso malinjo,trangkil, wit grintul(Jawa); mulieng(Aceh); manenjo(Belitung

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis Melinjo :
Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun melinjo di antaranya saponin dan flavonoid, sedangkan bijinya mengandung tanin, saponin, dan flavonoid. Efek farmakologis melinjo di antaranya sebagai peluruh kencing.

Peluruh air  seni
Kukus 50 g kulit buah melinjo segar, lalu makan sekaligus.

Digigit anjing
Cuci bersih buah melinjo muda atau daun secukupnya, 2 siung bawang putih atau bawang merah, dan 1 jari temulawak. Tumbuk halus semua bahan hingga menjadi bubur, lalu balurkan pada luka gigitan anjing.

Penyakit mata, anemia dan busur lapar
Makan daun dan buah melinjo yang telah dimasak atau disayur.

Adalah sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang di manfaatkan dan juga di bagikan kepada orang lain, maka dari itu aku menghimbau kepada teman-teman yang sudah membaca artikel ini, silahkan di bagikan artikel ini melalui mendia sosial ataupun yang lainya, terima kasih kami ucapkan.
sumber:  http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.com/2014/05/manfaat-buah-melinjo-untuk-kesehatan.html

Manfaat Tumbuhan Paku Untuk Manusia

Manfaat Tumbuhan Paku - Banyak yang penasaran dengan Tumbuhan yang satu ini, oleh karenanya pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengupas mengenai Manfaat Tumbuhan Paku ini yang semoga saja bisa berguna bagi anda yang sedang mencari manfaat dari Tumbuhan yang tersebar di seluruh muka bumi ini kecuali di daerah salju abadi dan juga daerah Gurun Pasir. Tumbuhan Paku atau kadang di sebut juga dengan Paku-Pakuan ini merupakan sekelompok tumbuhan dengan sistem pembuluh sejati (Tracheophyta, memiliki pembuluh kayu dan pembuluh tapis) tetapi tidak menghasilkan biji untuk reproduksi seksualnya, Tumbuhan Paku melakukan pengembangbiakan Generatifnya dengan spora layaknya Tumbuhan Lumut dan Juga Fungi.

Manfaat Tumbuhan Paku
Ilustrasi Tumbuhan Paku

Sebenarnya ada banyak sekali Ragam ataupun Jenis dari Tumbuhan Paku ini di Perkirakan Spesies tumbuhan ini mencapai 10.000 di seluruh dunia dan yang tumbuh di Indonesia di perkirakan mencapai 3.000 weew angka yang sangat Fantastis bukan, Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami dari blog Manfaat Buah ini akan mencoba untuk membahasnya secara umum saja.

Berikut Beberapa Manfaat dari Tumbuhan Paku ini ;
  1. Dipelihara sebagai tanaman hias, misalnya paku tanduk rusa (platycerium bifurcatum), paku sarang burung (Asplenium sp), suplir (Adiantum sp) dan paku rane (selaginella sp)
  2. Penghasil obat – obatan misalnya: Aspidium sp, Dryopteris filix mas, dan Lycopodium clavatum.
  3. Sebagai sayuran , misalnya semanggi (marsilea crenata) dan pteridium aqualium
  4. Sebagai bahan pupuk hijau , misalnya azolla piƱata,
  5. Sebagai salah satu bahan dalam pembuatan karangan bunga, misalnya Lycopodium cernuum.
Karena Banyak sekali Spesies tumbuhan paku seperti yang sudah kita bahas di atas maka sungguh tidak mungkin kami bahas satu persatu di Artikel ini, Mungkin pada lain kesempatan kami akan mencoba mengupas lagi artikel yang masih berhubungan dengan tumbuhan paku ini, semoga artikel Manfaat Tumbuhan Paku ini Bermanfaat Untuk kita semua.
sumber:  http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.com/2013/10/manfaat-tumbuhan-paku-untuk-manusia.html

Manfaat Dan Khasiat Buah Mentimun Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mentimun - Khasiat dari buah yang satu ini sangatlah luar biasa, tapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya, oleh karenanya pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membagikan artikel mengenai Khasiat buah mentimun ataupun buah Timun, sebenarnya ada banyak banget manfaat yang terkandung dalam buah ini, akan tetapi aku tidak akan membahasnya semuanya di sini, karena nanti akan menjadi sangat panjang dan tidak nyaman di baca, Jadi aku Ambil yang umum aja ya.

Manfaat Buah Mentimun
Ilustrasi Buah Mentimun

Nah teman-teman udah membaca artikel sebelumnya yang udah aku bagikan yakni Tips Menjaga Tubuh, sekarang kita langsung lanjut aja ya ke Topik pembicaran mengenai Kandungan yang ada di buah mentimun ini, silahkan simak di bawah ini.

Manfaat Buah Mentimun Untuk Kesehatan
  1. Kalori mentimun sangat rendah, yaitu hanya 15 gram kalori per 100 gram .Tidak mengandung lemak atau kolesterol jenuh. Menkonsumsi mentimun bisa sebagai obat untuk mengatasi sembelit kronis.
  2. Kulit mentimun mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu untuk mengurangi sembelit, gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus.
  3. Juga memiliki atribut penyembuhan bagi kondisi yang ada kaitannya dengan penyakit kandung kemih dan ginjal. Kandungan air dalam mentimun yang membantu fungsi ginjal dengan cara mempromosikan buang air kecil. Konsumsi sayuran ini secara teratur juga dapat melarutkan batu ginjal.
  4. Masalah pencernaan seperti mulas, asam lambung, gastritis dan bahkan tukak lambung dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi rutin mentimun atau jus mentimun. Enzim yang disebut
  5. Erepsin dalam ketimun juga membantu dalam pencernaan protein.
  6. Tidak hanya dagingnya, bijinyapun juga sangat bermanfaat. Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengeluarkan cacing pita dari dalam saluran usus. Biji juga memiliki sifat anti inflamasi yang efektif untuk pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan .
  7. Metimun adalah salah satu sumber kalium (potassium) terbaik, yaitu mengandung 147 miligram kalium per 100 gram. Senyawa Elektrolit yang ramah jantung ini bermanfaat mengurangi tingkat tekanan darah tinggi, mengurangi denyut jantung dengan meminimalkan efek natrium.
  8. Metimun mengandung antioksidan seperti B karoten, karoten, zea – xanthin dan lutein. Senyawa-senyawa ini bertindak sebagai pembersih radikal bebas yang umum menyebabkan penuaan dan penyakit terkait usia lainnya.
  9. Mentimun dalam bentuk jus berkontribusi bagi pertumbuhan rambut,  terutama karena kandungan silikon, sulfur sodium, fosfor dan kalsium, yang merupakan  nutrisi yang paling dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut . 
  10. Rutin Minum jus ketimun setiap hari baik untuk mengontrol rambut rontok
  11. Manfaat terbesar dan paling penting mentimun bagi kulit adalah revitalisasi. Masker wajah yang mengandung sari mentimun bermanfaat untuk mengencangkan kulit
Efek Samping Yang Di Timbulakan Mentimun :
  1. Dapat menyebabkan Alergi, terutama di sekitar rongga mulut yang menimbulkan gatal dan pembengkakan. Hal ini dapat dicegah dengan memasaknya, atau tidak dimakan dalam bentuk mentah 
  2. Dapat menyebabkan masalah gastritis dan gangguan pencernaan pada beberapa orang, terutama karena disebabkan adanya senyawa cucurbitacin.
  3. Metimun juga bisa menyebabkan keracunan dan kebotakan karena bahan kimia yang ditemukan dalam mentimun. Hal ini biasanya terjadi jika seseorang mengkonsumsi mentimun secara berlebihan. Hindari juga memilih buah ketimun yang berkulit keriput, atau yang memiliki rasa agak pahit.
Ternyata buah mentimun memiliki kandungan yang Cukup banyak sekali bukan, Semog dengan adanya artikel ini semakin menambah wawasan teman-teman terhadap buah-buahan yang ada di sekitar kita, Dan untuk teman-teman yang mengisi tugas sekolah, jangan lupa bagikan juga link artikel ini kepada teman-teman kamu ya, terima kasih.
sumber:  http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.com/2014/04/manfaat-dan-khasiat-buah-mentimun-untuk.html

Manfaat Dan Khasiat Daun Seledri Untuk Pengobatan

Manfaat Daun Seledri - Daun Seledri atau orang kadang menyebutnya juga dengan Daun Sop ini memiliki nama latin Apium graveolens, Tumbuhan ini biasanya di jadikan sebagai salah satu bumbu makanan atau masakan tak terkecuali di Indonesia. Seledri sudah di kenal sangat lama di Peradaban dan tidak di ketahui secara pasti mengenai di mana tumbuhan ini berasal, Nah untuk Indonesia tumbuhan Seledri ini masuk ke Indonesia mealui Orang-orang Belanda pada zaman Penjajahan dahulu, yang mana pada Zaman Dahulu tumbuhan ini di manfaatkan sebagai penyedap Sup, Oleh karena itulah banyak orang di indonesia kadang menyebut daun Seledri ini sebagai Daun Sup atau Daun Sop. selain untuk Masakan ternyata daun seledri juga memiliki manfaat yang beragam untuk Kesehatan tubuh maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Manfaat Daun Seledri ini.

Manfaat Daun Seledri
Ilustrasi Daun Seledri

Siapa sangka jika di balik daunnya yang hijau dan bertextur yang acak juga memiliki manfaat yang terkandung di dalamnya yang Luar biasanya banyak, salah satunya yang sering di sebut adalah kemampuan Daun seledri untuk menambah jumlah air kencing, dalam artian membuat air kencing menjadi lancar. Nah berikut Beberapa Khasiat Seledri yang bisa Anda Ketahui.

Manfaat Daun Seledri :
  1. Seledri baik untuk dinding lambung dan saluran usus.
  2. Memperlambat proses penuaan(menjaga kemudaan sel)
  3. Menjaga kelenturan dan aktivitas otot
  4. Mengobati asma
  5. Mengobati diabetes
  6. Membantu melarutkan kalsium dalam tubuh
  7. Melancarkan aliran darah
  8. Menetralkan asam tubuh
  9. Melindungi otak dan sistem saraf
  10. mengobati arthritis
  11. Mengobati neuritis
  12. mengobati rematik
  13. Menurunkan tekanan darah
  14. Menjaga berat badan
Setelah mengetahui Manfaatnya, turs kita akan mencoba membahas mengenai bagai mana cara menggunakannya untuk pengobatan, nah yuk kita lihat di bawah ini.

Pemanfaatan Daun Seledri Untuk Pengobatan

Manfaat Daun Seledri Sebagai Obat batuk :
  1. Siapkan daun seledri yang masih segar dan masih utuh, (lengkap dengan batang dan akarnya)
  2. Potong-potong daun seledri tersebut, secukupnya
  3. Rebus daun seledri tersebut, dengan air 3 gelas, sampai mendidih
  4. Saring airnya dan biarkan sampai dingin
  5. Tambahkan madu lebah secukupnya
  6. Bagi menjadi dua bagian dan minum dua kali sehari pagi dan petang
Khasiat Daun Seledri Sebagai Obat Rematik :
  1. Ambil satu tangkai daun seledri yang masih segar
  2. Cuci sampai bersih, lalu gunakan daun seledri tersebut untuk lalapan saat makan.
  3. Lakukan setiap hari dengan rutin.

Manfaat Daun Seledri Untuk Mengobati mata kering :
  1. Siapkan daun seledri, daun bayam dan daun kelor yang masih segar, kira-kira 1/3 genggam
  2. Cuci bersih
  3. Tumbuh sampai halus ramuan yang sudah kita siapkan tersebut, dan jangan lupa dicampur dengan sedikit garam dapur
  4. Tambahkan dengan sedikit air matang kira-kira 1/3 gelas
  5. Aduk-aduk, kemudian saring dan ambil airnya
  6. Minum air perasan tersebut 3x sehari

Khasiat Daun Seledri Untuk Tekanan darah tinggi :
  1. Siapkan 100g daun seledri yang masih segar, kengkap dengan batang, dan akarnya
  2. Cuci bersih daun seledri yang sudah kita siapkan tersebut
  3. Tumbuk sampai halus
  4. Tambahkan 1 gelas air bersih
  5. Rebus air ramuan daun seledri tersebut
  6. Biarkan sampai dingin, selanjutnya bagi menjadi dua
  7. Minum ramuan tersebut dua kali sehari pagi dan sore
Saya Rasa artikelnya cukup sampai di sini dahulu, jika anda berkenan maka silahkan bagikan artikel ini kepada teman-teman anda melalui media sosial seperti Facebook dan juga yang lainya, agar nantinya artikel ini bisa lebih bermanfaat untuk yang lanya juga, saya admin blog ini, mengucapkan terima kasih. Baca Juga Ya artikel kami sebelumnya Yakni Manfaat Daun Salam



sumber: http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.com/2013/11/manfaat-daun-seledri.html


Manfaat Dan Khasiat Daun Salam Untuk Obat

Manfaat Daun Salam - Daun salam merupakan daun jenis Rempah-rempah yang biasa di gunakan untuk Masakan di Indonesia mau pun di Daerah lainnya terutama untuk masakan Kari biasanya selalu menggunakan Daun salam ini, Namun untuk kesempatan kali ini kita bukan membahas Manfaat Daun Salam dari segi masakan karena kita akan mencoba membahas Khasiat Daun salam dari segi kesehatan.
Salam memiliki nama Latin Syzygium polyanthum pohonya berukuran sedang, sementara itu Tinggi pohonnya bisa mencapai 30 Meter, Sementara itu Salam memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah yakni Melayu: ubar serai, Sunda,Jawa dan Madura: Salam, Kangean: kastolam, Jawa: manting, Sumatera: meselengan.

Manfaat Daun Salam
Ilustrasi Daun Salam

Baik seperti artikel sebelumnya yakni Manfaat Buah Kurma, maka kita akan mencoba membahas langsung mengenai Daun salam berserta Kandungan serta Khasiat yang terkandung di dalamnya, yang bisa langsung anda lihat di bawah ini.

Adapun Daun Salam Memiliki Kandungan sebagai Berikut :
  1. Mempunyai Kalori
  2. Mempunyai  Karbohidrat dan serat
  3. Mempunyai  Mineral
  4. Mempunyai  Vitamin A, B-6, B-9,C

Khasiat Daun Salam dalam Untuk Tubuh
  1. Secara medis, daun salam dan buahnya sangat beragam. Mengandung astringent, diuretik dan sifat perangsang nafsu makan;
  2. Dalam pengobatan herbal, ramuan dari daun salam dikenal manjur untuk menenangkan perut dan menghilangkan nyeri perut;
  3. Manfaat daun salam lainnya sebagai obat sakit maag dan meredakan perut kembung;
  4. Kegunaan daun salam dalam minyak esensial untuk obat-obatan tradisional seperti pengobatan nyeri otot, bronkitis dan flu.
Resep Dan Cara Pengobatan menggunakan Daun Salam

Sebagai Obat Batuk :
  • 2 gelas air
  • 3 sdm madu
  • 10-15 daun salam kering
  • 1 buah lemon
Cara Membuatnya sebagi Berikut :
  1. Campurkan semua bahan dan didihkan bersama-sama sampai airnya berkurang hingga tersisa kurang lebih 1 gelas air. 
  2. Dinginkan kemudian tuangkan ke dalam wadah kedap udara dan simpan dalam lemari es. 
  3. Minum 2-3 sendok per hari. Obat ini bisa langsung diminum dari kulkas atau bisa dihangatkan dulu.

Teh Daun Salam
1 Gelas air
4 daun salam kering
Rebus air hingga menidih, masukkan daun slam biarkan selama 2-3 menit. Tirisan dalam cangkir tanpa gula, bila ingin menggunakan pemanis tambahkan madu sedikit. Warna teh ini sedikit kuning, pucat dan rasanya menenangkan.

Nah sekarang anda tidak akan berfikir kalau Daun salam hanya untuk masakan saja kan, karena ternyata di balik daun yang terihat biasa saja terkandung manfaat yang mampu menyehatkan Tubuh kita ini, Salam dari blog Khasiat Buah, dan baca juga artikel sebelumnya yakni Manfaat Buah Mangga.
sumber: http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.com/2013/11/manfaat-daun-salam.html

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mangga - Buah Mangga atau yang sering juga kita sebut mempelam ini termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae.Dan memiliki nama latin Mangifera Indica Mangga. selain banyak disukai oleh banyak orang karna mempunyai rasa yang sangat enak dan manis juga harganya sangat terjangkau karena buah  mangga ini hampir disetiap rumah menanamnya karna tidak membutuh kan banyak perawatan khusus. buah mangga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kecantikan maupun kesehatan untuk tubuh kita. dan kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada temen-temen mengenai Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan tubuh kita.

Manfaat Buah Mangga
Ilustrasi Buah Mangga

Buah Mangga yang matang umumnya dimakan dalam keadaan segar, sebagai buah meja atau campuran es, dalam bentuk irisan atau diblender. sedangkan buah yang muda kerapkali digunakan untuk campuran dirujak, dan mangga ini memiliki kandungan Vit A dan C yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. langsung saja yuk kita intip Manfaat Buah yang satu ini.

Manfaat Buah Mangga Untuk Meningkatkan Kekebalan Dan daya tahan tubuh
Jumlah vitamin C dan vitamin A yang cukup, ditambah 25 jenis karotenoid dalam mangga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat dan kuat.

Khasiat Buah Mangga Untuk Menurunkan Kolesterol
Tinnginya kandungan serat, pectin dan vitamin C dalam mangga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Khasiat Buah Mangga Untuk Mencerahkan Kulit
Senyawa dalam mangga mampu membersihkan pori-pori dan menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Dapat digunakan baik secara internal maupun eksternal bagi kulit.

Khasiat Buah Mangga Untuk Antioksidan dan pencegahan kanker
Buah mangga mengandung banyak senyawa antioksidan yang cukup efektif dalam mencegah serangan kanker yang biasanya datang dari banyaknya zat oksidasi yang dihasilkan oleh tubuh. Adapun antioksidan tersebut yang berperan dalam pencegahan kanker diantaranya quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat.

Khasiat Buah Mangga Untuk Baik untuk kesehatan mata
Secangkir mangga memasok 25 persen nilai harian vitamin A yang diperlukan. Karenanya, konsumsi mangga baik untuk kejernihan penglihatan dan mencegah mata kering.

Khasiat Buah Mangga Untuk Memenuhi Kebutuhan Alkali
Asam tartrat, asam malat, dan asam sitrat dalam buah ini membantu menjaga cadangan alkali tubuh.

Khasiat Buah Mangga Untuk Menormalkan Kadar Insulin
Daun mangga membantu menormalkan kadar insulin dalam darah. Buah mangga juga memiliki indeks glikemik yang relatif rendah (41-60) sehingga cukup mengkosumsi mangga tidak berbahaya bagi kadar gula Anda.

Manfaat Buah Mangga Untuk Meningkatkan Pencernaan
Serat dalam mangga juga membantu kelancaran pencernaan dan sekresi hasil pencernaan.

Manfaat Buah Mangga Untuk Pengobatan Panas Dalam
Teriknya sengatan matahari dapat menyebabkan kelelahan otot dan masalah diuretik. "Serangan panas" menyebabkan ginjal mengalami kelebihan beban dalam menetralkan racun. Pada saat-saat seperti ini pendinginan tubuh dengan mengkonsumsi jus mangga amat disarankan.

Semoga apa yang sudah di bahas di sini menjadi bermanfaat untuk semua, dan jangan Sungkan untuk membagikan artikel Manfaat Buah Mangga ini kepada teman-teman anda melalui media sosial seperti Facebook, Twitter dan Juga Google Plus, Samapai Ketemu di artikel berikutnya. Baca Juaga artikel sebelumnya Yakni Manfaat Daun Sirih dan Juga Manfaat Buah Sirsak
sumber: http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.com/2013/11/manfaat-buah-manggat-untuk-kesehatan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar